Rahsia buat nasi goreng nenas yang lazat, ‘bosan asyik makan benda sama’

Rahsia buat nasi goreng nenas yang lazat bosan asyik makan benda sama

Rahsia buat nasi goreng nenas yang lazat, ‘bosan asyik makan benda sama’. Bosan dengan olahan nasi goreng yang biasa aja? Kamu bisa mencoba nasi goreng dengan campuran buah, loh. Namun, bukan sembarang buah bisa dipadu dengan nasi goreng hanya buah tertentu saja, buah nanas misalnya.

Buah nanas biasanya dijadikan campuran di berbagai olahan kue maupun sebagai penghilang bau amis pada ikan. Namun, tidak cukup rasanya jika nasi goreng hanya diberikan garnis seafood seperti udang. Kini kamu bisa memodifikasi nasi goreng dengan tambahan potongan nanas. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Simak penjelasan resep nasi goreng nanas berikut ini.

1. Siapkan bahan dasar untuk membuat nasi goreng

Siapkan terlebih dahulu bahan dan bumbu pelengkap untuk membuat nasi goreng nanas, ya.

Bahan

Rahsia buat nasi goreng nenas yang lazat'bosan asyik makan benda sama'

  • 1 piring nasi putih pulen
  • 1/4 bagian nanas
  • 2 siung bawang putih
  • 1 siung bawang merah
  • 4 buah cabai rawit
  • 1/2 bawang bombay
  • 1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
  • garam secukupnya
  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok makan margarin

Bahan pelengkap

  • 1 buah wortel
  • 1 buah telur
  • udang secukupnya
  • bakso ikan sesuai selera
  • bawang merah goreng untuk garnis

2. Kupas kulit buah nanas dan cuci bersih

Untuk dijadikan sebagai campuran nasi goreng, kamu harus memilih nanas yang sudah matang agar nanti rasanya tidak begitu asam ketika dimasak. Usahakan untuk memasaknya lebih cepat bersama bumbu tumis. Cukup gunakan 1/4 potong buah nanas saja untuk 1–2 porsi piring.

Pertama, bersihkan mata buah nanasnya lalu kupas dan cuci bersih. Supaya terhindar dari rasa gatal pada getah saat mengupas kulitnya, sebaiknya perlu memakai sarung tangan sebagai lapisan. Potong buah nanas dan rendam beberapa menit dengan air yang sudah dicampur dengan sedikit garam. Setelah itu angkat dan tiriskan.

3. Siapkan ulekkan untuk menghaluskan bumbu, seperti bawang putih dan cabai

Halusan bumbu sebelum ditumis, seperti bawang putih, bawang merah, cabai, garam dan tambahan bumbu penyedap. Haluskan menggunakan ulekkan tradisional untuk mendapatkan cita rasa yang berbeda. Jangan lupa untuk mencincang bombay untuk ditumis bersama dengan bumbu halus.

Setelah itu, bersihkan bahan tambahan lainnya seperti wortel dan udang. Kemudian, potong-potong wortel membentuk dadu dan siapkan secukupnya bakso daging sapi sesuai selera.

4. Masukkan margarin atau minyak secukupnya untuk menumis bumbu

Tahap selanjutnya adalah menumis. Masukkan margarin secukupnya ke dalam teflon. Tunggu sampai margarin meleleh, kemudian masukkan bumbu halus dan bawang bombay cincang. Aduk-aduk sampai mengeluarkan aroma harum.

Setelah itu, pecahkan telur lalu kocok lepas, orak arik telur sampai matang. Tambahkan potongan nanas dan bahan pelengkap lainnya. Untuk bagian udang akan lebih baik jika digoreng terlebih dahulu, ya. Supaya saat dimasak dengan nasi tidak berbau amis dan dagingnya lebih matang.

5. Aduk-aduk nasi sampai merata dengan bumbu

Ketika dirasa sudah cukup matang, kamu bisa memasukkan nasi putih. Pastikan nasi tidak begitu lembek agar lebih mudah saat mengaduknya. Gunakan api sedang supaya tidak mudah gosong. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur merata.

Tambahkan bumbu penyedap agar nasi semakin gurih dan lezat. Kamu bisa menyesuaikan tingkat rasa pedasnya, ya. Nasi goreng nanas pun siap untuk disajikan.

Nasi goreng nanas paling nikmat disantap saat hujan. Taburi dengan bawang goreng sebagai garnis. Aroma harum dan rasa pedas manisnya menggugah selera makan. Kamu bisa menikmatinya bersama keluarga di rumah. Selamat mencoba, ya!

BACA:

Lelaki nekad pecahkan mesin ATM di KL selepas ‘stress’ dengan hutang Ahlong

Tokti tunjuk perangai sebenar bila merajuk dengan Dato K

Anwar bakal umum MB Selangor lawan Azmin di Gombak?

CATEGORIES